Frequently Asked Questions

Digital Printing

 

                                 File Bitmap                                                                               File Vector

File Bitmap: File bitmap merupakan jenis file gambar yang dihasilkan dari gambar digital seperti kamera digital, scanner, dll. Jika file bitmap akan di cetak, pembesaran ukuran cetak tergantung dengan resolusi dari file bitmap itu sendiri. Dalam dunia digital printing seperti innograph resolusi yang masih dapat di terima degan kualitas yang cukup memadai adalah 72 dpi untuk printing outdoor.

Jenis File Bitmap: TIFF, JPEG, GIF, PNG, PSD, dll

Software Editing File Bitmap: Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, GIMP (Open Source)

untuk melihat seberapa besar maksimal file anda dicetak dapat dilihat dengan menggunakan Adobe Photoshop > image > image size > matikan tanda centang pada resample image > ubah resolusi menjadi 72. maka akan tampak ukuran hasil pembesaran yang masih dapat diterima (tidak pecah pada saat di cetak).

                                    Sebelum                                                                                  Sesudah

Jika dipaksakan dilakukan pembesaran melebihi dari ukuran dengan resolusi 72dpi, maka file bitmap akan pecah

                                 contoh pembesaran pada file bitmap

 

File Vector: File vector merupakan jenis file gambar yang dihasilkan dari titik, garis, atau kurva sehingga mempunyai bentuk seperti gambar. File vector tidak aka pecah walaupun dilakukan pembesaran 1000%. Akan tetapi hasil dari pembuatan file vector tidak bisa senatural file bitmap.

 

Jenis File Vector: EPS, AI, CDR, FH

Software Editing Vector: Adobe Illustrator, Corel Draw, Freehand, dll

                        File Vector                                      Tampak Kurva Vector                             Hasil  pembesaran

Hasil pembesaran dari file vector tetap tajam walaupun di besarkan 1000%

 

DPI ( Dots Per Inch ) merupakan jumlah titik kepadatan dalam rentang 1 inci (2.54 cm). Nilai DPI berkorelasi dengan resolusi gambar dan media yang digunakan untuk pencetakan. semakin rapat serat suatu media cetak maka membutuhkan dpi yang tinggi.

 contoh untuk resolusi 10 dpi

 

Misalkan:

Untuk pencetakan media outdoor (banner) hanya membutuhkan 72 dpi, sedangkan untuk pencetakan suatu majalah atau photopaper membutuhkan 300 dpi.

 

Digital Signage

Input yang dapat diterima oleh Profesional Digital Display adalah Media Player, Network, Multimedia dan Industrial Controller, sedangkan TV Home hanya dapat menerima input TV Antena, TV Cable dan DVD Player.

Materi Input Profesional Digital Display berupa Multimedia (JPEG, Video dan MP3) optional TV Program, sedangkan untuk TV Home berupa TV Program (RCTI, Metro TV) optional JPEG

Profesional Digital Display diperuntukan khusus untuk industri, dengan menampilkan gambar yang dilihat hanya dengan waktu sebentar, Extra Bright, Contrast dan dalam posisi Vertical. Sedangkan TV Home dirancang untuk melihat TV Program, Sinetron, Film, Musik dalam waktu lama, soft bright agar tidak merusak mata.

Profesional Digital Display menampilkan gambar dalam bentuk vertical karena sebagian besar materi iklan berbentuk Vertical, dan ketika orang berjalan atau berdiri, mereka melihat secara vertical. Sedangkan TV Home menampilkan gambar dalam bentuk horizontal karena seluruh materi untuk tv dibuat horisontal, sehingga TV dapat disaksikan dengan santai

 

image courtesy by http://blog1.ebates.com

Jika anda melihat layar LCD dari samping mungkin anda akan melihat perubahan tampilan pada layar, kadang kadang layar menjadi kurang cerah dan terdapat perubahan warna layar. Dalam spesifikasi LCD biasanya produsen menampilkan istilah viewing angle. Viewing angle adalah sudut pandang maksimal yang dapat dilihat dari sebuah monitor LCD tanpa kehilangan perubahan kecerahan atau warna.

 

HDTV (High Definition Television) atau biasa di singkat dengan HD merupakan tampilan layar video definisi tinggi. HDTV memiliki 1 sampai 2 juta pixel per frame.

System HDTV memiliki 3 parameter

  • berdasarkan ukuran bingkai: jumlah pixel horizontal x pixel vertical, 1280 x 720 atau1920 x 1080 akan tetapi acapkali penulisannya seringkali di singkat menjadi 720p atau 1080p
  • Scanning System (Sistem Pemindaian): sistem pemindaian di identifikasikan dengan huruf p untuk pemindaian progresif, huruf i untuk pemindaian interlanced
  • Frame Rate: jumlah frame video per detik, 25fps atau 30fps

 sumber 

 

 

 image courtesy by adobe.com

          Low Contrast                                                                           High Contrast

Contrast Ratio adalah Tingkat Rasio / Perbandingan Luminasi (Tingkat intensitas cahaya dalam menghasilkan warna tertentu) dari warna yang paling terang (putih) sampai warna yang paling gelap (hitam) yang dapat di hasilkan oleh layar display. 

Misalkan Contrast Ratio 3000:1 adalah warna terang putih lebih terang 3000 kali terhadap warna gelap hitam. semakin tinggi tingkat contrast ratio semakin detail warna yang dapat dihasilkan oleh layar display

 

 

    

                        LED TV OUT DOOR                                                                 PITCH

Pitch adalah jarak antara 2 pixel, semakin rapat Pitch kualitas gambar akan semakin jelas. Akan tetapi tingkat kerapatan pitch harus disesuaikan dengan jarak pandang manusia yang melihatnya. Semakin dekat jarak pandang manusia terhadap LED Display maka membutuhkan Pitch yang rapat, begitu pula sebaliknya.

Misalkan: untuk LED TV Outdoor yang mempunyai jarak pandang manusia + 20 meter tidak membutuhkan pitch yang rapat cukup dengan pitch 10mm

 

Software Picture Editing:

  1. Adobe Photoshop ( bitmap )
  2. Adobe Illustrator ( vector )
  3. Corel Draw ( vector )
  4. Corel PhotoPaint ( bitmap )
  5. Macromedia Freehand ( vector )
  6. Microsoft Publisher ( Save as Jpeg )
  7. Microsoft PowerPoint ( Save as Jpeg )

Software Video Editing

  1. Windows Movie maker
  2. Corel Studio Video
  3. Adobe After Effect
  4. Adobe Premier
  5. CyberLink PowerDirector
  6. Magix Movie edit
  7. Pinnacle

 

Catatan:

  • Software Editing. pastikan resolusi minimum 200 dpi dan mode warna RGB
  • Software Video Editing. Pastikan hasil akhir berupa file MPEG2, MPEG4 bukan MP4

 

Agar resolusi gambar dapat full screen dan detail (tidak pecah), maka harus disesuaikan dengan resolusi dari masing - masing dari LCDnya. Resolusi LCD sama dengan Image Size pada gambar. Berikut daftar image size untuk masing - masing LCD:

 

1.  LP-309-001 (32") 1366 x 768 pixel (200 dpi)

2.  LP-309-002 (21.6") 1280 x 768 pixel (200 dpi)

3.  LP-309-003 (46") 1920 x 1080 pixel (200 dpi)

4.  LP-309-004 (46") 1920 x 1080 pixel (200 dpi)

5.  LP-309-005 (32") 1366 x 768 pixel (200 dpi)

 

Catatan:

file simpan dengan JPEG (Quality Maximum) dengan mode warna RGB. untuk keterangan lebih lanjut dapat melihat brosur Digital Poster ( Brochure Download)

 

tes