Mengenal Pixel Pitch pada Videotron

Videotron adalah kumpulan dari beberapa lampu LED yang dapat menghasilkan cahaya, video, ataupun text. LED itu sendiri singkatan dari LIGHT EMITING DIODE yang merupakan semikonduktor yang bisa menghasilkan cahaya ketika dialiri listrik. Dalam artikel ini Kami akan membahas mengenai pixel pitch pada Videotron , agar Anda sebagai calon pembeli memiliki pemahaman dasar sebelum melakukan keputusan untuk membeli videotron.

Karena semakin berkembangnya industri videotron di Indonesia, semakin banyak juga perusahaann yang menawarkan produk videotron namun mereka pun tidak memiliki pengetahuan dasar tentang pixel pitch. Sebelum kita masuk ke dalam pengertian pixel pitch, kita harus memahami pengertian dari Pixel yaitu satu titik yang terdapat pada Videotron yang biasanya bisa terdiri dari satu lampu, atau satu titik yang terdiri dari 3 lampu yang berdiri secara terpisah, ataupun satu lampu yang memiliki 3 lampu yang sudah menjadi satu kesatuan.

                                     

Contoh LED satu titik yang terdiri dari 3 lampu

Selanjutnya yaitu pengertian Pixel Pitch adalah jarak dari satu lampu ke lampu yang berikutnya, memiliki satuan Milimeter. Misalkan Pixel Pitch 10, artinya adalah jarak dari satu lampu ke lampu yang berikutnya adalah 10 milimeter, ataupun Pixel Pitch 16 artinya adalah jarak dari satu lampu ke lampu yang berikut adalah 16 milimeter, semakin rapat Pixel Pitch dari videotron tersebut, maka harganya pun semakin mahal, karena akan banyak membutuhkan banyak led di dalamnya ( untuk selanjutnya kata Pixel Pitch kami singkat menjadi huruf P misalkan Pixel Pitch 10 menjadi P 10 ) . Berikut kami sertakan contoh gambar P 10, P16 dan P 25. 

Kami sudah memberikan perbedaan antara P 10, P16 dan P25 di dalam gambar di atas, dimana Semakin rapatnya Pixel Pitch mengakibatkan jumlah lampu LED akan semakin banyak, sehingga membuat harga dari LED Display atau Videotron akan semakin mahal, tapi membuat LED Display atau Videotron semakin nyaman dilihat oleh mata kita. Kami juga akan menunjukan perbedaan antara P10 dan P 16 jika rangkai menjadi 1 layar utuh, hall ini berkaitan dengan resolusi, yaitu  jumlah pixel pitch yang berada pada layar sebuah videotron atau LED Display, yang menunjukkan tingkat kepadatan dari suatu layar. Semakin tinggi resolusi maka semakin halus juga gambar yang dihasilkan.

             
                 

Berikut juga kami tunjukkan  P 4, P16 dan P 26 :



Dari gambar di atas kita bisa melihat jelas perbedaan antara pixel pitch yang kecil dan yang besar, oleh karena itu videotron terbagi menjadi 2 tipe yaitu Videotron Indoor  (Dalam Ruang) dan Videotron Outdoor ( Luar Ruang ).

Videotron Indoor

  • Videotron P 4

Untuk aplikasi auditorium, ruangan multifungsi, ataupun rumah ibadah. P 4 merupakan pilihan utama yang dapat dipilih, selain P 4 lebih terjangkau dari sisi harga, dari sisi pabrikan juga lebih fokus pada produksi P4 dibandingkan P 5 atau P 6

  • Videotron P 2.5 – 3

Untuk aplikasi toko retail P 2.5 atau P 3 sekarang menjadi pilihan utama, jika penggunaannya berada didalam toko , biasanya di dalam toko memiliki jarak pandang yang terbatas, sehingga tidak bisa menggunakan pitch yang besar.

  • Videotron P 1.2 – 1.9

Untuk aplikasi control room , meeting room penggunaan videotron P 1.2 , P 1.5 atau P 1.9 menjadi pilihan yang sangat cocok. Karena biasanya jarak pandang antara videotron ke audiens terdekat cukup pendek jaraknya.

Videotron Outdoor

  • Videotron P 10 – P 8

P 10 merupakan salah satu idola bagi perusahaan yang jual videotron, kenapa disebut dengan idola, karena P 10 menjadi barang yang sangat terjangkau dari segi harga dan dari sisi jarak pandang memenuhi kriteria dasar dalam penggunaan videotron outdoor. Yang dimaksud dengan kriteria dasar tersebut artinya dengan jarak pandang 10 meter gambar yang tampil di videotron sudah cukup baik. Disatu sisi P 8 juga semakin tinggi tren penggunaannya dewasa ini, hal ini dikarenakan dengan semakin murahnya harga P8 , namun memiliki tingkat kepadatan pixel yang lebih tinggi dibandingkan dengan P 10.

  • Videotron Pitch 6 – Pitch 4
Untuk aplikasi outdoor yang jarak pandangnya di bawah 6 meter, P 6 menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk kondisi ini, namun jika Anda memiliki budget yang lebih dapat memilih Pitch 4 dengan kerapatan pixel yang lebih tinggi, sehingga menampilkan gambar yang lebih halus dibandingkan videotron outdoor P 6

Berikut ini kami berikan ilustrasi antara jarak pandang dengan Pitch agar bisa memilih videotron sesuai dengan kebutuhan.



Jadi kesimpulan dari kami adalah Jika Pixel Pitch semakin kecil angkanya, maka makin rapat jarak antar lampu LED nya. Lalu apa pengaruhnya? hal ini berpengaruh terhadap tampilan gambar dan jarak pandang minimum. Semakin besar / lebar jarak pixel nya, gambar yang di tampilkan akan semakin jarang. Tapi dengan penempatan / di lihat dari jauh, gambar akan tetap utuh. hubungannya dengan harga, LED videotron akan murah jika jarak pixel picth semakin renggang.

in News
# Blog
InnoGRAPH Berikan Solusi Penyediaan Sarana Teknologi Layar Interaktif